Intisari

Audio: Taat Prokes Taat Ulil Amri

 

Al-Imam an-Nawawi rahimahullah dalam kitabnya, Syarh Shahih Muslim, menukilkan pendapat para ulama bahwa yang dimaksud dengan ulil amri adalah setiap orang yang diwajibkan oleh Allah untuk ditaati, yaitu pemimpin dan umara’/pemerintah.

Ketaatan dalam hal yang ma’ruf kepada ulil amri merupakan salah satu asas dan prinsip yang penting dalam Islam.

Jika prinsip ini benar-benar ditegakkan dan dipegang teguh oleh umat Islam, niscaya akan membuahkan kemaslahatan, keselamatan, keamanan dan kebaikan yang banyak bagi bangsa dan negara.

Ketaatan kepada ulil amri merupakan wujud ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Allah Ta’ala berfirman,

{ یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوۤا۟ أَطِیعُوا۟ ٱللَّهَ وَأَطِیعُوا۟ ٱلرَّسُولَ وَأُو۟لِی ٱلۡأَمۡرِ مِنكُمۡۖ }

Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri di antara kalian. (QS An Nisa : 59).

Saudaraku kaum muslimin rahimakumullah

Kurang lebih sejak 18 bulan yang lalu kita ditimpa ujian Pandemi Virus Covid-19 dan masih kita rasakan sampai dengan sekarang. Wallahu a’lam sampai kapan kita menghadapi Pandemi ini. Semoga Allah Ta’ala segera mengangkatnya.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulanginya. Tentu saja semua dilakukan demi kemaslahatan dan keselamatan bangsa dan negara tercinta ini.

Diantaranya adalah peraturan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) bagi seluruh masyarakat. Hal ini sebagai bentuk ikhtiar yang merupakan bagian dari ketawakalan kita kepada Allah Ta’ala.

Prokes dari pemerintah yang penting untuk kita terapkan diantaranya ;

  • Disiplin bermasker
  • Menjaga Jarak
  • Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer
  • Menjauhi kerumunan
  • Membatasi interaksi
  • Vaksinasi dalam rangka membangun kekebalan/ketahanan tubuh.

Saudaraku Kaum Muslimin rahimakumullah

Kita telah diibaratkan sebagai satu tubuh. Pandemi ini harus kita hadapi secara bersama-sama dengan satu hati dan perasaan serta menjauhi sikap abai dan lalai.

Mari jadilah kita sebagai garda terdepan dalam mendukung dan menerapkan Prokes pemerintah sebagai bentuk tawakal kita kepada Allah dan ketaatan kita kepada ulil amri dalam rangka taat kepada Allah Rabbul Alamin.

Semoga Allah menjadikan upaya ketaatan kita kepada ulil amri bernilai ibadah dan mendapatkan ganjaran pahala amal shalih dariNya.

Semoga Allah Al Qadir Yang Maha Kuasa menyelamatkan bangsa dan negara kita serta segera mengangkat wabah Pandemi Covid-19 ini.

Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

Simak selengkapnya di
https://buletin-alilmu.net/2014/04/24/ulil-amri-ditaati-pembuka-pintu-kesuksesan-hakiki/ | Buletin Al Ilmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga
Close
Back to top button