Faedah Ringkas

Audio: Lawanlah Setan Sejak Masa Mudamu!

 

Al-Imam Muhammad bin Abu Bakar rahimahullah berkata ;

Jika seorang hamba pada saat daya ingat dan fisik masih kuat serta tingkat pemahamannya juga sempurna, masih bisa dikuasai dan dibujuk oleh setan untuk melakukan kemaksiatan kepada Allah serta dilalaikan hatinya dariNya, dan dilumpuhkan jasad serta lisannya dari ketaatan kepada Allah,

Lalu bagaimana kiranya jika hamba tersebut telah melemah kekuatannya, dan tersibukkan hati serta jiwanya dengan berbagai rasa sakit (yang dia rasakan, ed) di kala menghadapi sakaratul maut?!

Dan di saat setan menghimpun setiap kekuatan dan tekadnya, serta mengerahkan segenap kemampuannya untuk mencuri kesempatan dari hamba tersebut, pada saat-saat terakhir amalannya; maka ketika itulah puncak kekuatan setan menguasai dirinya, sedangkan dirinya berada dalam kondisi terlemah. Maka siapakah yang akan selamat ketika dihadapkan dengan keadaan seperti itu?

Di saat itulah:

{ یُثَبِّتُ ٱللَّهُ ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ بِٱلۡقَوۡلِ ٱلثَّابِتِ فِی ٱلۡحَیَوٰةِ ٱلدُّنۡیَا وَفِی ٱلۡـَٔاخِرَةِۖ وَیُضِلُّ ٱللَّهُ ٱلظَّـٰلِمِینَۚ وَیَفۡعَلُ ٱللَّهُ مَا یَشَاۤءُ }

Allah teguhkan hamba-hambanya yang beriman dengan kalimat yang kokoh ketika di dunia dan di akherat; (baik ketika ajal menjemput atau ketika di alam kubur, pen). Dan Allah menyesatkan orang-orang zhalim serta Allah berbuat apa saja yang Ia kehendaki. (QS. Ibrahim 27).

Dinukil dari Ad Daa-u wa ad Dawaa-u hlm. 218

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button