Faedah Ringkas

Audio: Kiamat Sudah Dekat

 

Allah Azza wa Jalla berfirman,

{ ٱقۡتَرَبَتِ ٱلسَّاعَةُ وَٱنشَقَّ ٱلۡقَمَرُ }

“Hari Kiamat makin dekat dan bulan terbelah.” (QS. al-Qamar :1).

 

✒️ Al-Imam Abu Ja’far Muhammad bin Jarir ath-Thabari rahimahullah berkata,

🌾“Ini adalah berita yang datang dari Allah Ta’ala sebagai peringatan bagi hamba-hamba-Nya tentang dekatnya hari kiamat dan dekatnya kehancuran dunia.

🌴 Dan Allah memerintahkan kepada mereka agar melakukan persiapan untuk menghadapi kengerian-kengerian pada hari kiamat sebelum kiamat itu datang kepada mereka di saat mereka dalam keadaan lengah dan lalai.”

Dan firman-Nya,

{ وانشق القمر }

dan bulan terbelah, Kejadian tersebut – dari apa yang di sebutkan – telah terjadi di masa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tatkala beliau berada di Mekkah, sebelum hijrah ke Madinah.

Yaitu tatkala orang-orang kafir dari penduduk Mekkah meminta kepada beliau untuk menunjukkan satu mu’jizat, maka Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menunjukkan kepada mereka terbelahnya bulan sebagai tanda dan bukti tentang benarnya dakwah dan hakikat kenabian beliau.

🥬 Namun tatkala Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menunjukkan mu’jizat yang mereka minta, mereka berpaling dan mendustakan, sembari berkata: ini adalah sihir yang terus menerus, Muhammad telah menyihir kami.

Maka Allah ‘Azza wa Jalla berfirman,

{ وَإِن یَرَوۡا۟ ءَایَةࣰ یُعۡرِضُوا۟ وَیَقُولُوا۟ سِحۡرࣱ مُّسۡتَمِرࣱّ }

“Dan jika mereka (orang-orang musyrikin) melihat suatu tanda (mu’jizat), mereka berpaling dan berkata, “(Ini adalah) sihir yang terus menerus.” (QS al-Qamar: 2).

📚 Tafsir at-Thabari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button