Fatawa

Zodiak, Shio dan Horoskop dalam Perspektif Islam

 

“Sepanjang minggu ini para pemilik zodiak Aries akan diselimuti rasa kebahagiaan, kesuksesan dan kemakmuran dalam kehidupan mereka.”

Demikian secuplik penggalan ramalan bintang pada sebuah media masa. Ramalan seperti ini begitu marak tersebar di kalangan kaum muslimin, sesuatu yang sering dianggap biasa bahkan menjadi kegemaran bagi sebagian kawula muda, tidak lengkap rasanya jika di hari-harinya belum membaca semisal ramalan tersebut, namun bagaimanakah pandangan lslam terkait hal ini ?

Berikut kami bawakan tanya jawab ulama besar di zaman ini yaitu Asy Syaikh Bin Baz rahimahullah terkait perihal zodiak dan ramalan atau yang semisalnya dari horoskop dan shio.

Berkata seorang penanya :

Saya mendapati pada sebagian majalah, pernyataan: “Barang siapa yang dilahirkan pada bintang ini maka dia akan mendapatkan keberuntungan dalam hidupnya begini dan begitu. Atau dia akan ditimpa petaka ini dan itu”. Maka bagaimanakah bimbingan Anda kepada kaum muslimin terkait perihal yang demikian ini? Semoga Allah membalas Anda dengan sebaik-baik balasan.

Jawaban:

Ini semuanya kebatilan yang tidak berdasar sama sekali, bahkan hal ini termasuk dari anggapan sial yang sangat mungkar dan tercela, serta keyakinan bernasib buruk yang terlarang (dalam agama).

Walhasil, sesungguhnya tidak ada kekhususan pada zodiak atau bintang tertentu, karena (anggapan) siapa yang lahir pada bintang atau zodiak tertentu maka dalam hidupnya dia akan mendapatkan ini dan itu, sungguh semua ini merupakan keyakinan yang batil.

Sumber :
https://binbaz.org.sa/fatwas/15486/حكم-ما-ينشر-في-المجلات-عن-ابراج-الحظ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button