Doa

Doa untuk Kaum Muslimin di Negeri Maroko dan Libya

Apa yang terjadi di hari-hari ini, baik itu Maroko yang ditimpa gempa yang dahsyat, sebuah gempa yang menelan korban yang tidak sedikit. Begitu pula musibah yang menimpa kaum Muslimin yang ada di Libya. Ini termasuk bagian dari tanda-tanda kebesaran Allah, yang dengannya Allah menakuti hamba-hamba-Nya.

Sebagaimana dalam firman-Nya,

وَمَا نُرْسِلُ بِالْآيَاتِ إِلَّا تَخْوِيفًا

“Dan tidaklah Kami mengirimkan ayat (tanda-tanda kebesaran) Kami, kecuali untuk menakut-nakuti.” (QS. Al-Isra: 59).

Al-Imam Qotadah rahimahullah berkata,

“Dan Allah menakut-nakuti manusia dengan tanda kekuasannya yang Dia kehendaki, agar mereka mau mengambil pelajaran, atau mengingat, atau kembali (bertaubat kepada Allah). Telah disebutkan kepada kami bahwa negeri Kufah pernah dilanda gempa pada masa pemerintahan Ibnu Mas’ud, maka dia berkata :

“Wahai manusia, Tuhanmu memanggilmu untuk bertaubat, maka bertaubatlah.”

Semoga kita dan saudara-saudara kita di Maroko dan Libya bisa mengambil pelajaran dari musibah yang terjadi, serta menjadikan mereka bertaubat kepada Allah dari segala dosa.

Kaum Muslimin rahimani wa rahimakumullah,

Tentu, seorang mukmin yang melihat dan mendengarkan saudaranya sedang ditimpa musibah, akan tergerak hatinya untuk berbuat dan berupaya membantu saudaranya dengan apa yang dia miliki. Minimalnya seorang mukmin bisa membantu saudaranya dengan doa.

Maka para pembaca yang kami muliakan, dalam rangka memudahkan para pembaca, kami sajikan beberapa lafazh doa berbahasa Arab yang bisa kita amalkan dalam doa-doa kita untuk saudara kita yang ada di Maroko dan Libya.

Doa Pertama

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ اللُّطْفَ وَالرَّحْمَةَ وَالعَوْنَ لِإِخْوَتِنَا فِيْ بِلاَدِ المَغْرِبِ، مِمَّا نَزَلَ بِهِمْ مِنْ زِلْزَالٍ وَهَدْمٍ وَنَقْصٍ فِي الأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِيْنَ.

اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مَوْتَاهُمْ وَاشْفِ مَرْضَاهُمْ وَاجْبُرْ مُصَابَهُمْ وَكَسْرَهُمْ إِنَّكَ أَنْتَ اللَّطِيْفُ الرَّحِيْمُ

“Ya Allah aku memohon kepada-Mu kelembutan, rahmat, dan pertolongan unt saudara-saudara kami di negeri Maroko, atas musibah yang menimpa mereka berupa gempa bumi, kehancuran, hilangnya nyawa dan buah-buahan. Berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.

Ya Allah, terimalah (amal shalih) yang meninggal di antara mereka, sembuhkanlah yang sakit di antara mereka, dan angkatlah musibah dan kerusakan yang menimpa mereka. Sesungguhnya Engkau Maha Lembut lagi Maha Penyayang.”

 

Doa Kedua

اللَّهُمَّ أَعِنْ وَارْحَمْ إِخْوَتَنَا فِي بِلاَدِ لِيْبِيَا وَالْطُفْ بِهِمْ، مِمَّا نَزَلَ بِهِمْ مِنْ سَيْلٍ، وَغَرْقٍ، وَذِهَابٍ لِبَعْضِ الأَنْفُسِ، وَإِتْلَافٍ لِلْمُمْتَلِكَاتِ، اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مَوْتاَهُمْ وَاجْبُرْ مُصَابَهُمْ، وَاشْفِ مَرِيْضَهُمْ، إِنَّكَ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ لَطِيْفٌ. اللَّهُمَّ آمِيْن.

“Ya Allah, tolonglah dan kasihanilah saudara-saudara kami di negara Libya dan lembutlah kepada mereka, atas musibah yang menimpa mereka berupa banjir, tenggelam, korban jiwa, dan rusaknya harta benda.

Ya Allah, terimalah (amal shalih) yang meninggal di antara mereka, pulihkanlah kondisi mereka, dan sembuhkanlah yang sakit di antara mereka.

Sesungguhnya Engkau Maha Penyayang, Maha Pengasih dan Maha Lembut. Allahumma Amin.”

 

Doa Ketiga

اللَّهُمَّ كُنْ فِي عَوْنِ إِخْوَانِنَا فِي المَغْرِبِ وَلِيْبِيَا وَارْحَمْ مَوْتَاهُمْ وَعَافِ جُرْحَاهُمْ

“Ya Allah, bantulah saudara-saudara kami di Maroko dan Libya, kasihanilah yang meninggal di antara mereka, dan sembuhkanlah yang terluka di antara mereka yang terluka.”

 

Mari kita doakan saudara-saudara kita yang ada di negeri Maroko dan Libya.

Tentu kita berharap semoga doa yang kita panjatkan dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala Yang Maha Mendengar dan Mengambulkan doa hamba-hamba-Nya yang ikhlas dalam berdoa.

Perlu diketahui bahwa doa untuk mereka tidak harus berbahasa Arab, bisa dengan selain Bahasa Arab.

Wallahul Muwaffiq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga
Close
Back to top button