Fatawa

Audio: Engkau Beruntung Dapat Wanita Ini

 

Kaum muslimin rahimakumullah, tidak bisa dipungkiri bahwa keberlangsungan hidup manusia di dunia ini sarat dengan tantangan dan dinamika, maka bisa dibayangkan jika bumi ini dipenuhi dengan jenis manusia yang membawa kerusakan, tentunya kehancuran yang akan terjadi, maka tidak mengherankan jika agama lslam ini membimbing umat manusia dalam mengatasi problema tersebut.

Diantaranya adalah bimbingan Islam dalam membangun rumah tangga agar terbentuk generasi yang shalih dan shalihah.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda :

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا ، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ.

(متفق عليه)

 

Seorang wanita dinikahi karena empat perkara; karena hartanya, kedudukannya, kecantikannya dan agamanya, maka nikahilah wanita yang (baik) agamanya niscaya kamu akan beruntung. (muttafaqun ‘alaihi).

Berkata Al Imam an Nawawi rahimahullah ketika menjelaskan makna hadits tersebut :

“Yang benar dalam memaknai hadits ini adalah, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberitahukan tentang kebiasaan yang dilakukan oleh kebanyakan orang (ketika hendak menikah), yang dipilih (tidak lepas) dari empat perkara ini dan urutan yang paling akhir menurut mereka adalah yang baik agamanya.

Maka hendaklah Anda -wahai orang yang meminta bimbingan- lebih mendahulukan wanita yang baik agamanya, dan bukan maknanya diperintahkan mendahulukan pilihan sesuai urutan.”

Dinukil dari Al Minhaj Syarh Shahih Muslim ibnil Hajjaj

Wallahu a’lamu bish shawab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga
Close
Back to top button