Doa

Audio: Rumah Idaman Penuh Berkah

 

Rumah adalah salah satu nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang patut disyukuri. Bahkan rumah juga merupakan penyempurna dari berbagai nikmat-nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala atas kita semua.

Hal ini sebagaimana yang disebutkan oleh al-Imam Ibnu Katsir rahimahlullah tatkala menjelaskan tafsir dari firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam Surah an-Nahl ayat ke 80;

وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ بُيُوتِكُمْ سَكَنًا

“Dan Allah menjadikan bagi kalian rumah-rumah kalian sebagai tempat tinggal”

Beliau berkata dalam Tafsirnya:

“Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan kesempurnaan nikmat-nikmat-Nya yang serba lengkap kepada hamba-hamba-Nya, yaitu Dia menjadikan bagi mereka rumah-rumah tempat mereka menetap dan menutupi dirinya, serta mereka menggunakannya untuk berbagai manfaat dan kegunaan lainnya”.

Saudaraku seiman …

Rumah yang merupakan tempat berlangsungnya mayoritas kegiatan setiap manusia, mulai dari makan, minum, tidur, mendidik anak dan keluarga, beribadah serta kegiatan yang lainnya adalah amanah dari Allah Subhanahu wa Ta’ala yang patut dijaga, sebuah benteng agama yang harus dipertahankan dari musuh-musuh Allah.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bahkan membimbing kita semua untuk menghidupkan rumah kita dengan ibadah dan dzikrullah.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

“Permisalan sebuah rumah yang padanya dihidupkan dzikrullah dengan yang tidak dihidupkan dzikrullah, seperti perbandingan orang hidup dengan orang mati.” (HR. Muslim)

“Shalatlah kalian di rumah-rumah kalian! Sungguh seutama shalatnya seseorang adalah di rumahnya, kecuali shalat 5 waktu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Al-Imam an-Nawawi asy- Syafi’i menyebutkan dalam kitabnya al-Adzkar,ketika hendak memasuki rumah disukai untuk :

  • Membaca bismillah
  • Memperbanyak dzikir kepada Allah.
  • Mengucapkan salam, baik rumah itu berpenghuni ataupun tidak.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan rumah kita sebagai rumah yang berbarakah, dipenuhi berbagai bentuk ibadah serta menjadi tempat tumbuhnya anak-anak shalih dan shalihah yang akan memperjuangkan agama Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Aamiin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Back to top button