Faidah Ringkas

Audio: Apa yang Harus Dilakukan ketika Melihat Tanda-Tanda Lailatul Qadar?

 

Al-Imam Al-Hafizh Ahmad bin Ali Ibnu Hajar Al-‘Asqalani Asy-Syafi’i rahimahullah menjelaskan:

“Al-Imam As-Subki Al-Kabir beristinbath (mengambil kesimpulan hukum, pen) dalam kitab Al-Halabiyat … tentang disunnahkannya menyembunyikan tanda-tanda Lailatul Qadar bagi siapa saja yang melihatnya.

Beliau berkata: “Sisi pendalilannya adalah bahwa Allah menakdirkan bagi Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk tidak menyampaikan kapan tepatnya terjadi Lailatul Qadar. Sementara, segala kebaikan ada pada segala yang Dia takdirkan sehingga disunnahkan mengikuti takdir disembunyikannya malam tersebut.”

Permasalahan ini disebutkan dalam Syarah Al-Minhaj dari Al-Hawi, lebih lanjut Beliau mengatakan,

Hikmah disembunyikannya malam Lailatul Qadar adalah:

– Lailatul Qadar merupakan karamah. Sementara telah disepakati oleh para ulama bahwa karamah seyogyanya disembunyikan.

– Dari sisi pandangan jiwa, maka jangan merasa aman dari rusaknya (amalan, pen).

– Di sisi lain juga khawatir tidak selamat dari riya’.

– Dari sisi adab, maka janganlah aktivitas melihat tanda-tanda malam Lailatul Qadar dan menyebarkannya ke khalayak manusia, menyibukkannya dari bersyukur kepada Allah.

– Dari sisi bahwa dia tidak aman dari sifat hasad yang membuat orang lain terjerumus kepada hal yang dilarang.

Sebagaimana ucapan Nabi Ya’qub ‘Alaihissalam dalam firman-Nya:

(قَالَ یَـٰبُنَیَّ لَا تَقۡصُصۡ رُءۡیَاكَ عَلَىٰۤ إِخۡوَتِكَ فَیَكِیدُوا۟ لَكَ كَیۡدًاۖ)

“Wahai anakku, jangan kau ceritakan mimpimu kepada saudara-saudaramu, lalu (karena hasad, pen), mereka melancarkan makar kepadamu”. [QS. Surat Yusuf 5]

(Fathul Bari, 4/341. Cet. Darus Salam)

Demikian pula Al-Imam Al-Mawardi Asy-Syafi’i rahimahullah juga berkata:

“Disunnahkan bagi orang yang melihat tanda-tanda Lailatul Qadar untuk menyembunyikannya. Lalu dia berdoa dengan niat yang ikhlas, juga memiliki keyakinan yang benar tentang kewajiban dunia dan akhirat serta memperbanyak doa untuk urusan agama dan akhiratnya”.

Dikutip dari kitab Al-Hawi Al-Kabir karya Al-Imam Al-Mawardi Asy-Syafi’i rahimahullah 3/484.

قال الحافظ أحمد بن علي ابن حجر العسقلاني الشافعي رحمه الله:

واستنبط السبكي الكبير في (الحلبيات) من هذه القصة استحباب كتمان ليلة القدر لمن رآها،

قال: ووجه الدلاله أن الله قدر للنبي أنه لم يخبر بها والخير كله في ما قدر له فيستحب اتباعه في ذلك.

وذكر في شرح (المنهاج) ذلك عن الحاوي قال والحكمة فيه:

– أنها كرامة والكرامة ينبغي كتمانها بلا خلاف.

– ومن جهة رؤية النفس فلا يأمن السلب.

– ومن جهة أن لا يأمن الرياء.

– ومن جهه الادب فلا يتشاغل عن الشكر لله بالنظر اليها وذكرها للناس.

– ومن جهة أنه لا يأمن الحسد يوقع غيره في المحذور ويستأنس له بقول يعقوب عليه السلام (يا بني لا تقصص رؤياك على اخوتك) الآية. (فتح الباري، ج ٤, ص ٣٤١. ط. دار السلام)

وقال الماوردي الشافعي رحمه الله:

ويستحب لمن رأى ليلة القدر أن يكتمها، ويدعو بإخلاص نية وصحة يقين بما أوجب من دين ودنيا ويكون أكثر دعائه لدينه وآخرته (الحاوي الكبير للماوردي ٣/٤٨٤

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button