Amalan yang Mendatangkan Doa atau Laknat Malaikat

Edisi: 16|| 1441H
Tema: Hadits

بسم الله الرّحمان الرّحيم

Rasulullah shalallahu’alaihiwasallam bersabda,

إن الله,وملائكته,وأهل السّموات,والأصين,حتّى النّملة في جحرها,وحتّى الحوت, ليصلّون على معلّم النّاس الخير

“Sesungguhnya Allah, para malaikat-Nya, para penduduk langit dan bumi, sampaipun semut yang berada dalam liangnya dan juga ikan yang ada dalam air, mereka semua mendoakan kebaikan bagi orang yang mengajarkan kebaikan (ilmu agama) kepada manusia.” (HR. at-Tirmidzi no. 2685 dari shahabat Abu Umamah al-Bahili, lihat Shahihul Jami’ no. 1838)

Para pembaca yang semoga dirahmati oleh Allah ta’ala.

Sesungguhnya termasuk dari realisasi keimanan kepada para malaikat adalah beriman dengan nama-nama, sifat-sifat dan tugas-tugas mereka sebagaimana yang disebutkan di dalam al-Qur’an dan sunnah Nabi shalallahu’alaihi wasallam.

Termasuk dari tugas-tugas para malaikat yang wajib kita imani adalah mereka akan mendoakan kebaikan dan memohonkan ampunan bagi orang-orang yang beriman karena keimanan mereka secara umum atau dengan sebab amalan shalih tertentu yang dilakukan oleh seorang mukmin.

Apabila kita telah mengimani bahwa para malaikat akan mendoakan kebaikan dan memohonkan ampunan bagi orang yang melakukan amalan shalih tertentu maka yang demikian ini hendaklah menjadi motivasi bagi diri kita untuk bersemangat di dalam melakukan berbagai amalan shalih, agar kita bisa mendapatkan doa para malaikat yang dengannya menjadi sebab datangnya ampunan dan rahmat dari Allah ta’ala.

Amalan yang Mendatangkan Doa Malaikat

Di antara amalan yang akan mendatangkan doa malaikat adalah:

1. Doa para malaikat untuk para pengajar ilmu agama.

Sebagaimana disebutkan dalam hadits di atas.

2. Doa para malaikat untuk para penuntut ilmu agama.

Sebagaimana disebutkan pula dalam hadits yang lain (artinya), “Sesungguhnya para malaikat akan meletakkan sayap-sayapnya untuk penuntut ilmu karena ridha dengan apa yang mereka amalkan.” (HR. at-Tirmidzi no. 2682 dari shahabat Abu Darda, lihat Shahih Targhib wa Tarhib no. 70) Maka bersemangatlah untuk mempelajari ilmu agama dan mengajarkannya kepada manusia.

3. Doa para malaikat untuk seorang hamba yang menunggu ditegakkannya shalat berjamaah di masjid.

Para malaikat akan mendoakan kebaikan bagi seorang hamba yang sedang menanti ditegakkannya shalat berjamaah di masjid dan juga kepada orang yang tetap duduk di tempat shalatnya dalam masjid setelah menyelesaikan shalat wajib, untuk menanti shalat wajib berikutnya.

Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda,

الملائكة تصلّي على أحدكم مادام في مصلّاه الّذي صلّى فيه, مالم يحدث, يقول: اللّهمّ اغفر له,اللّهمّ ارحمه

“Para malaikat akan mendoakan salah seorang di antara kalian selama dia masih berada di tempat shalatnya yang dia shalat padanya, dan selama dia tidak berhadats. Malaikat mengucapkan dalam doanya, ‘Ya Allah, ampunilah dia, Ya Allah rahmatilah dia’.” (HR. al-Bukhari no. 445 dari shahabat Abu Hurairah radhiallahuanhu)

Dalam riwayat yang lain disebutkan (artinya), “Senantiasa seorang hamba (teranggap) dalam keadaan shalat selama dia masih berada di tempat shalatnya dalam rangka menunggu shalat berikutnya, dan malaikat akan mendoakan, ‘Ya Allah, ampunilah dia, Ya Allah rahmatillah dia’, hingga dia pergi dari tempatnya atau berhadats.” (HR. Muslim no. 1541 dari shahabat Abu Hurairah radhiallahuanhu)

4. Doa para malaikat untuk orang yang berada di shaf pertama dalam shalat berjamaah.

Para malaikat akan mendoakan kebaikan untuk orang-orang yang berada di shaf pertama dan shaf-shaf depan dalam shalat berjamaah. Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda,

أنّ الله وملائكته يصلّون على الصّفّ الأوّل

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya mendoakan kebaikan terhadap orang-orang yang berada di shaf pertama …” (HR. Ibnu Majah no. 997 dari shahabat al-Bara’ bin ‘Azib, lihat al-Misykah no. 1101)

Dalam riwayat lain disebutkan,

على الصّفوف المتقدّمة

“Terhadap orang-orang yang berada di shaf-shaf depan.” (HR. an-Nasa’i no. 818 dari shahabat al-Bara’ bin ‘Azib radhiallahuanhu, lihat Shahih wa Dha’if Sunan an-Nasa’i no. 811)

Maka bersemangatlah untuk meraih shaf-shaf terdepan! Sungguh merugi sebagian manusia yang mereka datang ke masjid, sementara mengunggu iqamat dikumandangankan mereka duduk-duduk santai sambil menyandarkan punggungnya di tembok belakang masjid.

Hingga tatkala iqamat dikumandangkan, mereka tidak mendapatkan shaf terdepan dan hanya mendapatkan shaf terakhir. Hilanglah kesempatan untuk mendapatkan kebaikan yang banyak.

5. Doa para malaikat untuk orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah.

Para malaikat akan mendoakan kebaikan untuk orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah. Malaikat akan berdoa kepada Allah ta’ala agar harta yang diinfakkan orang tersebut diganti oleh Allah dengan yang lebih baik.

Sementara bagi orang yang tidak mau menginfakkan hartanya di jalan Allah maka malaikat akan mendoakan agar hartanya dimusnahkan dan tidak berkah. Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda,

مامن يوم يصبح لعبادفيه إلاّوملكان ينزلان فيقول أحدهما: اللّهمّ أعط منفقا خلفا,ويقول الآخر: اللّهمّ أعط ممسكا تلفا

“Tidaklah satu hari yang di pagi hari para hamba ada padanya melainkan ada dua malaikat yang turun, kemudian salah satu dari keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti (yang lebih baik) bagi orang yang menginfakkan hartanya’, sementara yang lainnya berdoa, ‘Ya Allah, berilah kemusnahan (pada harta) bagi orang yang tidak mau menginfakkan hartanya’.” (HR. al-Bukhari no. 1374 dan Muslim no. 1010 dari shahabat Abu Hurairah radhiallahuanhu)

6. Doa para malaikat untuk orang yang menjenguk orang sakit.

Para malaikat akan mendoakan kebaikan bagi orang-orang yang menjenguk orang sakit. Raslulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda,

من أتى أخاه المسلم عائدا, مشى في خرافة الجنّة حتّى يجلس,فإذا جلس غمرته الرّحمة, فإن كان عاده غدوة, صلّى عليه سبعون ألف ملك حتّى يمسي, وإن كان عاده مساء, صلّى عليه سبعون ألف ملك حتّى يصبح

“Barangsiapa yang mendatangi saudaranya sesama muslim dalam rangka menjenguknya (di kala sakit) maka seakan dia berjalan di kebun surga sampai dia duduk. Maka apabila dia duduk, dia akan diliputi oleh rahmat (Allah). Apabila dia menjenguknya pada pagi hari, maka 70.000 malaikat akan mendoakannya sampai sore hari. Dan apabila dia menjenguknya pada sore hari, maka 70.000 malaikat akan mendoakannya sampai pagi hari.” (HR. Ahmad no. 612 dan Ibnu Majah no. 1442 dari shahabat Ali bin Abi Thalib radhiallahuanhu, lihat Silsilah Shahihah no. 1367)

Amalan yang Mendatangkan Laknat Malaikat

Di antara amalan yang akan mendatangkan laknat malaikat adalah:

1. Laknat malaikat untuk orang kafir.

Para malaikat akan melaknat orang-orang kafir dan orang-orang yang murtad (keluar) dari Islam. Allah ta’ala berfirman (artinya), “Sesungguhnya orang-orang kafir dan mati dalam keadaan kafir, mereka itu mendapatkan laknat Allah, para malaikat dan manusia seluruhnya.” (al-Baqarah: 161)

2. Laknat para malaikat untuk orang yang mengada-adakan dalam urusan agama yang tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam.

Para malaikat akan melaknat orang-orang yang mengada-adakan dalam urusan agama yang tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam dan orang-orang yang melindungi atau menolong orang-orang yang menyimpang tersebut. Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda,

ومن أحدث حدثا, أوآوى محدثا فعليه لعنة الله والملائكة والنّاس أجمعين

“Barangsiapa yang mengada-adakan amalan yang tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah dan melindungi atau menolong orang-orang tersebut maka dia berhak mendapatkan laknat Allah, para malaikat dan manusia seluruhnya.” (HR. Abu Dawud no. 4530 dari shahabat Ali bin Abi Thalib radhiallahuanhu, lihat Shahih wa Dhaif Sunan Abi awud no. 4530)

3. Laknat para malaikat untuk orang yang mencaci maki para shahabat Nabi shalallahu’alaihi wasallam.

Demikan pula para malaikat akan melaknat orang-orang yang mencaci maki para shahabat Nabi atau salah satu di antara mereka. Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda,

من سبّ أصحابي فعليه لعنة الله والملائكة والنّاس أجمعين

“Barangsiapa yang mencaci maki para shahabatku maka dia berhak mendapatkan laknat Allah, para malaikat dan manusia seruluhnya.” (HR. ath-Thabarani no. 12709 dari shahabat Abdulllah bin Abbas radhiallahuanhu, lihat Silsilah Shahihah no. 2340)

4. Laknat para malaikat untuk orang yang mengarahkan benda tajam kepada saudaranya seiman.

Para malaikat akan melaknat seseorang yang mengarahkan benda tajam kepada saudaranya seiman, baik benda tajam tersebut berupa besi, pisau, atau senjata, sekalipun niatnya sekedar bercanda atau main-main. Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda,

من أشار إلى أخيه بحديدة, فإنّ الملائكة تلعنه حتّى يدعه وإن كان أخاه لأبيه وأمّه

“Barangsiapa yang mengarahkan benda tajam kepada saudaranya (sesama muslim) maka sesungguhnya para malaikat akan melaknatnya sampai dia meninggalkan perbuatan tersebut. Sekalipun saudara tersebut adalah saudara sebapak dan seibu.” (HR. Muslim no. 2617 dari shahabat Abu Hurairah radhiallahuanhu)

Wallahu a’lam bishshawab.

Penulis: Ustadz Muhammad Rifki hafizhahullah

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.