Prakata

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ , وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُولِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالاَهُ.

أَمَّا بَعْدُ:

Segala puji hanya milik Allah Subhanahu wa Ta’ala semata. Shalawat dan salam-Nya semoga senantiasa tercurahkan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, keluarganya, shahabatnya, dan setiap insan muslim yang berteguh diri di atas jalan (manhaj)nya hingga hari kemudian.

Bila mencermati perhelatan perang pemikiran (ghazwul fikri) yang dilancarkan musuh-musuh Islam, maka semakin hari semakin mendera umat Islam. Tak hanya syahwat yang mereka propaganda, kerancuan berfikir (syubhat) pun senantiasa mereka tebarkan. Keduanya berjalan seiring laksana dua sayap kekuatan yang selalu siap menghantam umat Islam di mana pun mereka berada.

Menyikapi kondisi kritis semacam ini, seyogyanya bagi seluruh komponen umat Islam bahu-membahu merapatkan barisan dan menyiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi dengan kembali kepada Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dengan pemahaman salaful ummah. Masing-masing dapat “berbuat” sesuai dengan bidang dan keahlian yang dimampuinya, selama tidak keluar dari koridor syar’i yang telah digariskan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya Shallallahu ‘alaihi wa Sallam.

Di tengah berkecamuknya ghazwl fikri ini, pembekalan umat dengan ilmu agama (syar’i) merupakan salah satu amalan mulia yang dapat mengokohkan pertahanan mereka dari deraan dua sayap kekuatan ‘syubhat dan syahwat’ tersebut. Bentuk pembekalan pun berbacam-macam, yang masing-masingnya akan tepat bila diletakkan pada tempatnya dan sesuai dengan porsinya. Buletin islam ilmiah merupakan salah satu sarana yang tepat untuk pembekalan umat. Pembahasannya yang singkat namun padat sangat bermakna bagi para pembacanya, terkhusus bila buletin islam tersebut berpijak di atas Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dengan pemahaman salaful ummah.

Diantara sekian buletin islam yang berupaya berpijak di atas Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dengan pemahaman salaful ummah tersebut adalah Buletin Islam “AL ILMU” yang dikelola para ustadz dan santri ma’had As Salafy Jember-Jawa Timur. Buletin islam yang bermotto “Berilmu Sebelum Berkata dan Beramal” ini terbit setiap jum’at (insya Allah). Tak hanya jama’ah shalat jum’at yang mendapatkan siraman ilmunya, instansi-instansi pemerintahan pun turut mendapatkannya.

Pada usianya yang akan memasuki tahun ke-12 ini, jumlah oplah pada setiap pekannya mencapai 24.000 (duapuluh ribu) eksemplar, yang didistribusikan di berbagai kota tanah air seperti: Alor, Atambua (NTT), Bali, Bangil, Banyuwangi, Bondowoso, Genteng, Jember, Lumajang, Madura, Magetan, Malang, Medan, Merauke, Pacitan, Pasuruan, Probolinggo, Purbalingga, Sampit, Sidoarjo, Situbondo, Surabaya, Sorong, Trenggalek, Tuban, Tulungagung dll.

Seiring dengan itu pula Buletin Islam “AL ILMU” turut meramaikan “dunia maya” (internet) dengan alamat: http://www.buletin-alilmu.net. Puji syukur pun semakin terluapkan kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala, manakala Buletin Islam “AL ILMU” yang telah lama didambakan dapat hadir di hadapan para pengunjung sekalian.

Tak lupa pula kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam proses pembuatan website Buletin Islam “AL ILMU”, dengan ide-ide dan saran-saran yang sangat berharga.

Kami menyadari bahwa website Buletin Islam “AL ILMU” ini masih jauh dari sempurna dan masih terdapat kekurangan dan kealpaan disana-sini. Maka dalam kesempatan ini, tak lupa kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pembaca atas berbagai kekurangan dan kealpaan tersebut. Sekaligus kami sangat menanti adanya saran dan kritik yang membangun berdasarkan Al Qur’an dan As Sunnah dalam bimbingan Salaful Ummah.

Akhir kata, semoga website Buletin Islam “AL ILMU” yang telah lama didambakan ini dapat menambah khazanah perpustakaan Islam, dan sekaligus menjadi bekal/senjata bagi saudara muslim di tengah berkecamuknya ghazwul fikri yang sedang mendera mereka. Wallahul Muwaffiq.

Jember, 4 Robi’utstsani 1435H

Februari 2013 M

Redaksi

6 Responses

  1. abu zaid berkata:

    masya Allah,
    webnya manis dan bikin betah dibaca insya Allah….

  2. muhammad berkata:

    cara memperkenalkan web ke khalayak agar tidak dilupakan..

  3. aji berkata:

    ditingkatkan lagi kualitas webnya…
    baik dari tampilannya, ilmu yg disampaikan…
    khair insya Allah…

  4. Abu Abdillah berkata:

    Bismillah.
    “Mau download artikel dari situs buletin al-ilmu jember? Yang berminat, Insya Allah dapat di download di link berikut:

    http://statics.ilmoe.com.s98986.gridserver.com/kajian/users/kendari/Artikel-Islam/EBookChm_SitusBULETINALILMUCOMJember_Versi01.chm

    demikian, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh”

  5. Abu Khalid berkata:

    Assalamu’alaykum warohmatullahi wabarokatuh

    Bismillah,

    Web yg sangat bermanfaat insyaa Allaah,
    ana mohon izin mencopy dan menyebarkan artikel yang ada untuk dimuat web kami.

    بَارَكَ اللهُ فِيْك

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *